Reportase Jagongan Budaya
"PETANI"
Oleh: Anwar KiU

Acara Jagongan budaya malam itu bertempat di Gereja Santo Hilarius Klepu Sooko Ponorogo, dihadiri para tokoh agama dan masyarakat sekitar dan ponorogo.

ROMO BOWO
Sekarang kepercayaan tentang diri petani semakin hilang sehingga tradisi-tradisi leluhur semakin hilang,seperti sedekah bumi,sedekah sesama. Fikiran atau moral petani sekarang tereksploitasi oleh politik politik yang mengakali para petani. Missal, tanah sekarang tereksploitasi gara gara pupuk non organic sehingga membuat tanah sawah tidak begitu subur yang hasilnya membuat hasil panen kurang melimpah sehingga pemerintah mengimpor beras dari luar negeri.katakan Raskin dll beras yg kualitas baik justru dikonsumsi oleh orang kota sedangkan yg buruk dikonsumsi atau disalurkan ke rakyat tidak mampu.
Petani adalah manusia paling ikhlas mereka menanam bahan pangan yg dikonsumsi oleh semua rakyat Indonesia.tp kenapa tradisi petani yg baik masa dahulu hilang contoh, 4 ketahannan pangan yg baik
1. Tuhan
Kenapa tuhan karena tuhan Sang Maha. Kita sebagai manusia wajib mempunyai panutan dalam diri kita,tempat berserah, berdoa,bersyukur dll
2. Angkasa/ Bopa Angkasa (Bopo Angkoso)
Semua yg ada dilangit termasuk ketahanan pangan missal sarana hujan,panas,angin yg membantu sawah
3. Bumi
Bumi. Bukan hanya tanah tp semua yg ada di bumi air,batu,tanah,kayu dll
4. Manusia
Tanpa bantuan manusia sawah tidak akan terjadi.bisa juga sbagai symbol atau tradisi (tradisi orang jawa kuno tentang sawah)
Karna moral/ terima kasih petani kepada tuhan. hasil petani kadang banyak yg kurang melimpah sehingga mengandalkan raskin.dan yang lebih parah kenapa pemerintah atau instansi instansi tertentu membuat lahan untuk perumahan di lahan prosuktif tanam. Sehingga mengurangi lahan tanam.
Ada juga petani yg bingung kekurangan lahan tanam.sebenarnya area pengnungan juga bias ditanami misalkan di daerah bayangkaki kecamatan Sawoo.itu bias ditanami Porang/Borang sebagai pengganti padi.tp petani tidak pernah mencoba produktif.hanya mengandalkan pemerintah.
Dana dari pemerintah untuk pertanian sangat kurang, kebanyakan di salurkan ke pendidikan dan kesehatan

KANG JINGGO
Petani sekarang kekurangan atau kehilangan tradisi lumbung pangan yang membuat petani kekurangan hasil panen sehingga mengandalkan Raskin.kadang kemajuan teknologi menghapus tradisi petani yang memang bagus sehingga petani dipaksa panen cepat dan jual cepat sehingga tradisi kita terkalahkan

MAS KOKO
Sekarang semua tanah dipaksa ditanami tanpa aturan sehingga kita kehilangan sedekah bumi. Maksudnya sedekah bumi yaitu ada dimana waktu sawah harus di diamkan tidak ditanami agar bumi istirahat.
Contoh sedekah yg jarang diketahui atau dilihat orang yaitu
1. Sedekah jika hasil panen dibagi ke sesam manusia
2. Sedekah yg dicuri orang termasuk sedekah.walauupun dengan cara terpaksa dicuri orang
3. Sedekah yg dimakan hama.karna sesungguhnya hama missal tikus dll.juga butuh makan

SUGIRI
Kelemahan di Indonesia pekarangan sawah dengan mudahnya di alih fungsikan sebagai perumahan dll.yang mengakibatkan kita kekurangan lahan. Di swiss atau di cina proses perubahan dr sawah untuk lahan yg lain sangat sulit sehingga mustahil sawah hilang

PAK MUIS
Sebenarnya kasta petani sangat tinggi bagi tradisi jawa dahulu, akan tetapi sekarang kemapanan seseorang diukur dari materi atau kekayaan.
Terkait petani yang kekurangan lahan pertanian.saat ini pemerintah menyediakan lahan di hutan untuk petani yg dinamakan petani hutan.mereka diberi lahan yang dapat disewa selama 25 tahun dengan sertifikat sewa.

Klepu Sooko, 17 Februari 2019